top of page
  • Writer's pictureJelajah Budaya

5 Jenis Musik Tradisional Yang Tak Kalah Merdunya

Updated: Apr 6, 2021


Indonesia kaya akan budaya dan salah satunya dapat dilihat dari berbagai jenis genre musiknya yang sangat beragam. Musik tradisional Indonesia sangat terkenal tidak hanya didalam negeri saja namun hingga ke mancanegara juga mengagumi keindahan musik tradisional indonesia. Musik tradisional yang lahir dari berbagai macam daerah yang ada di Indonesia mulai diserap oleh genre musik modern yang ada saat ini. Contohnya seperti "Lathi" yang dikombinasikan dengan genre musik dance/electronik dipadukan dengan bunyi gamelan yang menjadi viral hingga ke negeri paman sam atau Amerika Serikat berkat bantuan aplikasi tik-tok. Tidak hanya genre musik dance/elektronik saja yang bisa dipadu padankan dengan musik tradisional, yang pastinya semua genre musik modern bisa dikombine dengan musik tradisional selama tidak merugikan menimbulkan dampak negatif.


Langsung aja yuk kita intip apa aja sih genre musik tradisional yang tidak kalah merdunya dari genre musik modern.


1. Musik Gambang Kromo

Salah satu musik tradisional yang paling populer ini berasal dari daerah Betawi, Jakarta. Dianggap sebagai warisan budaya, Gambang Kromo sebenarnya merupakan hasil penggabungan dari gamelan dan alat musik China. Namun seiring dengan perkembangan jaman, maka musik yang satu ini juga ikut berubah. Sekarang gambang kromo sudah seringkali dipadukan dengan berbagai alat musik modern seperti gitar dan drum dan alat musik tradisionalnya seperti kongahyan, sukong, tehyan, gong, kempul, gong enam, ningnong serta kecrek. Gambang Kromo biasa dipergunakan untuk pengiring tari-tari pergaulan seperti tari Cokek, Teater Lenong, dan tari kreasi baru lainnya.


.....


2. Musik Keroncong

Keroncong bisa dibilang salah satu alat musik yang mewakilkan Indonesia. Jenis musik tradisional ini merupakan warisan atau setidaknya pengaruh dari bangsa Portugis. Namun seiring perkembangan zaman para pemusik Indonesia mengembangkannya dengan memasukkan unsur-unsur alat musik tradisional seperti gamelan, angklung, suling, rebab, dsb. bahkan menggunakan penyanyi jawa atau sinden. Musik yang memiliki kekentalan khas Indonesia ini terus diperkenalkan sebagai identitas bangsa hingga mancanegara


.....


3. Musik Sasando Gong

Alat musik sasando yang berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur sejak abad ke-7 ini memang sudah terkenal luas. Dimainkan oleh pemain sasando perofesional maupun pemula. Terbuat dari bambu dengan daun lontar dan kawat halus yang nantinya dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini sekilas terlihat sepertia alat musik gitar. Musik daerah Sasando Gong ini biasanya dipentaskan sebagai hiburan atau penyambutan tamu istimewa. Sasando Gong sendiri memiliki sistem nada pentatonik dengan dua belas dawai yang biasa digunakan untuk lagu tradisional rakyat Pulau Rote.


.....


4. Musik Karang Dodou

Jenis musik tradisional ini merupakan musik yang berasal dari provinsi Kalimantan Timur dan tergolong musik tradisi yang digunakan dalam upacara adat atau upacara ritual, yaitu saat kelahiran, untuk mengiringi pembacaan mantra-mantra saat pemberian nama bayi atau upacara "Noka Pati". Selain itu juga biasa digunakan untuk menghantarkan doa kepada maha kuasa atau biasa disebut upacara "Mohotara". Lalu upacara mengobati orang yang sakit atau upacara "Nambang Morua" dan upacara adat lainnya.


.....


5. Musik Gong Luang

Jenis musik tradisional ini hampir mirip gendhing Jawa, berasal dari Bali atau biasa disebut Gamelan Bali karena jenis alat musik dan nada suaranya serupa meskipun tidak sama. Citarasa gong luang lebih meriah dibanding gendhing Jawa. Barungan gamelan Bali yang berlaraskan pelog 7 nada dipergunakan untuk mengiringi upacara Pitra Yadnya atau Memukur. Awalnya jenis musik ini hanya dipertontonkan untuk keluarga bangsawan saja namun sering berjalannya waktu mulai dijadikan musik untuk pertontonan umum.



.....


Nah gimana kawan, gak kalah kerenkan dari genre musik modern saat ini. Dengan alat musik yang berbeda-beda dan pastinya menghasilkan jenis suara dan jenis musik yang berbeda-beda yang menjadikan genre musik tradisional ini unik jika dipadukan dengan genre musik modern

saat ini dan pastinya akan viral jika dikemas dengan bagus dan memiliki makna yang positif.



.......


Hasyyati Arifah

210104180056

MPM B 2018


70 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page